GAJI PERMANEN PERBULAN

GAJI PERMANEN PERBULAN
Cukup Dengan Mengisikan NAMA dan EMAIL ANDA

Tips Menghadapi Pelecehan Seksual !


ULAH para pelaku pelecehan seksual memang menjengkelkan dan menjijikkan. Meski begitu singkirkan dulu rasa takut dan malu. Sudah saatnya kita melawan.

Menurut instruktur Woman Self Defense of Kushin Ryu, Sofyan Hambally, kita bisa melawan para pelaku dengan tangan kosong. Apa saja yang bisa kita lakukan?

TATAP MATANYA
Berani bereaksi tak berarti harus tindakan fisik. Tatap mata si pelaku sambil memperingatkan, misalnya "jangan macam-macam ya bung," kemudian cari tempat lain atau menghindarinya.

"Yang penting adalah kita berani bereaksi, meski sekadar tatapan mata. Ini untuk menjatuhkan mental pelaku," papar Sofyan.

MANFAATKAN ANGGOTA TUBUH
Menjadi korban pelecehan seksual di kendaraan umum yang padat memang membuat kita berada dalam posisi tertekan karena ruang gerak yang sempit. Tapi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, misalnya:

- Dalam posisi berdiri membelakangi pelaku, sikut ulu hati si pelaku sekuat mungkin.

- Injak kaki si pelaku (lebih menguntungkan jika Anda memakai sepatu hak tinggi).

- Sundulan kepala tak hanya berguna dalam dunia sepak bola. Lakukan gerakan tersebut dan arahkan ke bagian bawah rahang pelaku.

- Ambil ancang-ancang dengan memajukkan satu kaki lalu kibaskan tangan atau hentakkan pinggul sekeras mungkin ke bagian intim pelaku.

GUNAKAN ALAT
Gunakan alat-alat yang biasa kita bawa untuk menjadi senjata, misalnya peniti, jepit rambut, atau pulpen.

Dengan berani melakukan perlawanan kita tak hanya memberikan efek jera untuk para lelaki "gila" dan eksebisionis, tapi juga untuk menunjukkan harga diri kita tak bisa dilecehkan.
Laporan: KCm/An